Pengertinan Bipolar Disorder dan Penyebabnya

Pengertinan Bipolar Disorder dan Penyebabnya
Pernah mendengar satu penyakit bernama Bipolar Disorder? Mungkin Anda belum pernah mendengarnya karena penyakit ini berupa kelainan jiwa yang ditandai dengan seringnya pasien berubah perasaan atau emosi saling bertolak belakang secara mendadak.

Jika dijabarkan mengenai penyakit jiwa ini sangatlah sederhana dimana seseorang sering memunculkan perasaan berbeda yang saling bertentangan mengenai suasana hati baik dan buruk datang begitu cepat tanpa ada pemicunya. Saat penderita memiliki mood baik maka akan berlaku bahagia, energik, atau sebaliknya marah-marah secara berlebihan dan tidak normal. Terkadang penderita juga asal dalam mengambil keputusan tanpa memikirkan apa konsekuensinya.

Penderita Bipolar Disorder akan menjalani tahap-tahap depresi dimana akan sering menangis, memperlihatkan pandangan mata tajam, bersikap negative terhadap kehidupan, melukai diri sendiri, dan mungkin akan mencoba bunuh diri.

Ternyata Bipolar ini dibagi dalam dua tipe yakni: 


  1. Bipolar tipe 1 dimana kondisinya memperlihatkan ciri-ciri kutub positif dapat mencapai level tertinggi atau cenderung berlebihan dan untuk bagian depresi tidak begitu dalam.
  2. Bipolar tipe 2 memiliki ciri kondisi depresi yang sangat rendah dan tingkat kesenangannya pada level sangat berlebihan. 


Itulah pengertian dan pengklasifikasian Bipolar Disorder, lalu apa saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya gangguan bipolar ini? Berikut ulasannya.

Faktor Keturunan
Faktor penyebab dari Bipolar Disorder ini memang masih sulit untuk dipastikan namun penyakit ini bisa diderita siapa saja tidak memandang jenis kelamin dan usia. Tetapi dalam faktanya kaum wanita lebih sering mengidap penyakit ini. Bipolar juga sangat berpotensi terjadi dan bisa diturunkan pada generasi ketiga atau apabila orang tua memiliki kecenderungan depresi.

Tingkat Kecerdasan
Selain faktor keturunan, terjadinya Bipolar Disorder ini bisa terjadi pada seseorang dengan tingkat kecerdasan tinggi. Seseorang yang mempunyai kepintaran lebih, mampu menganalisis permasalahan, maka akan semakin besar berpeluang mengidap Bipolar. Pada umumnya diawali karena stress terhadap kehidupan sosial.

Berbicara mengenai satu penyakit pasti akan membahas bagaimana cara menyembuhkannya. Untuk Bipolar ini ada satu pertanyaan apakah bisa disembuhkan? Sebenarnya Bipolar bukanlah suatu penyakit melainkan cirri dari seseorang sehingga tidak disembuhkan tetapi dikendalikan. Pada penderita Bipolar, akan dibuat situasi hati selalu stabil dengan bantuan obat. Obat disini berfungsi sebagai pendamping jika nanti penderita akan melakukan tindakan di luar control.

Untuk mengontrol seorang Bipolar Disorder ada beberapa langkah yang bisa dilakukan diantaranya :

1. Mengerti
Cari tahun apa saja tentang Bipolar Disorder ini dan mengapa bisa terjadi, dan bagaimana cara menghadapinya. Dengan mengetahui seputar Bipolar Disorder ini diharapkan orang di sekeliling penderita bisa memahami jika ada gejala awal muncul.

2. Menerima
Setelah mengerti dan memahami seputar Bipolar Disorder orang – orang akan mudah menerima jika ada kerabat, keluarga, atau orang disekitarnya yang mempunyai gangguan tersebut.

3. Beradaptasi
Melakukan adaptasi dengan keadaan Bipolar Disorder bisa menjadi satu solusi karena penderita tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai Bipolar Disorder, sebenarnya semua gangguan jiwa tidak akan memberikan efek parah jika ditangani dengan benar dan tepat. Peran orang disekitar untuk selalu menerima dan memahami kondisi penderita bisa menjadi satu solusi dalam proses penyembuhan. Peran psikiater dan dokter jiwa dalam mensosialisasikan gangguan Bipolar Disorder ini juga sangat penting mengingat masyarakat masih belum tahu tentang penyakit ini.

Related posts:

No response yet for "Pengertinan Bipolar Disorder dan Penyebabnya"

Post a Comment