Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya
Jerawat merupakan masalah kulit yang tidak ada habisnya. Jerawat, bisa muncul di wajah, punggung, leher dan dada. Jika jerawat tumbuh dipunggung, maka biasanya tidak disadari, karena punggung adalah tempat yang tidak bisa kita lihat sendiri, tidak seperti wajah yang pastinya dapat dilihat melalui kaca. Jerawat pada punggung, akan diketahui keberadaannya jika jerawat tersebut sudah banyak. Sehingga, jika Anda berkeringat maka Anda akan merasakan gatal pada daerah punggung Anda. Maka pada saat itulah, Anda bisa mengetahui bahwa dipunggung Anda ada jerawat.

Munculnya jerawat pada punggung, bisa terjadi karena beberapa faktor. Jerawat yang muncul dipunggung, sebenarnya tidak terlalu mengganggu penampilan, kecuali bagi seseorang yang memakai pakaian yang daerah punggungnya terbuka. Jika seperti ini, pasti tidak akan percaya diri karena jerawat dipunggung juga menyisakan bekas jerawat. Namun, Anda jangan khawatir karena ada cara untuk mengatasi jerawat dipunggung.

Apa saja penyebab jerawat dipunggung ?

Sebagai orang yang selalu menjaga kebersihan tubuh dan kulit, tentu saja terkena masalah kulit membuat kita repot, khususnya jerawat yang tumbuh dipunggung. Agar bisa mencegahnya, Anda harus mengetahui apa saja penyebab jerawat yang tumbuh dipunggung. Berikut adalah penyebabnya :

Produksi kelenjar minyak
Penyebab jerawat yang ada dipunggung adalah akibat produksi kelenjar minyak yang berlebihan, sel kulit mati yang menumpuk dan bakteri. Kulit pada punggung mempunyai kadar kelenjar sebase yang lebih banyak sehingga dapat mengakibatkan folikel kulit cenderung kelebihan sel kulit mati dan sebum.

Pemilihan pakaian dan tas yang digunakan
Jika Anda menggunakan pakaian yang sangat ketat, maka kulit punggung Anda tidak bisa bernapas. Bukan hanya itu, menggunakan tas ransel yang terlalu berat juga bisa membuat punggung Anda tertahan pada bagian punggung tertentu. Kedua hal ini, akan memicu pergesekan folikel pada kulit sehingga dapat menyebabkan peradangan dan kemudian akan muncul jerawat.

Produksi keringat yang berlebihan
Jika Anda beraktifitas seharian, tentu saja keringat akan banyak yang keluar. Ini juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Terlebih lagi, jika cuaca sedang panas maka pasti keringat yang keluar akan lebih banyak daripada biasanya. Sehingga, setelah beraktifitas jangan lupa untuk mandi agar kuman bisa hilang dari tubuh Anda. Sehingga kulit Anda akan bersih, segar dan terhindar dari jerawat.

Bagaimana cara mengatasi munculnya jerawat dipunggung ?

Pada penjelasan diatas sudah dijelaskan mengenai penyebab jerawat. Untuk penjelasan berikut ini, kami akan menjelaskan cara mengatasi munculnya jerawat dipunggung, sehingga bagi Anda yang mengalaminya tidak perlu khawatir lagi. Tentu saja ada solusinya, apa sajakah itu ? berikut simak penjelasannya :

Menggunakan sabun khusus
Jika Anda mandi, sebaiknya menggunakan sabun khusus anti bakteri agar perkembangan jerawat tidak semakin banyak dan proses sembuhnya juga cepat.

Menggunakan krim
Anda juga bisa menggunakan krim yang mengandung benzoyl peroxide 5%. Anda bisa membelinya diapotek. Cara menggunakannya, oleskan pada jerawat yang ada dipunggung Anda. Namun, cara menggunakannya dapat disesuaikan dengan parah atau tidaknya jerawat pada punggung Anda.

Menggunakan pakaian yang sejawarnya
Sebisa mungkin, sebaiknya Anda mnghindari menggunakan pakaian yang ketat, agar kulit punggung Anda bisa bernapas dan sirkulasi udara yang masuk bagus. Jika menggunakan pakaian longgar, maka kulit punggung tidak bergesekan dengan pakaian.

Demikian penjelasan mengenai penyebab jerawat dipunggung dan cara mengatasinya. Jika cara diatas sudah Anda lakukan namun tidak berhasil, maka sebaiknya Anda konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Related posts:

No response yet for "Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment