Penyebab Mata Minus dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Minus
Sepertinya sekarang ini, sudah banyak orang yang menggunakan kacamata. Entah itu hanya untuk terlihat seperti orang yang pandai atau menang aslinya orang tersebut mengalami mata minus atau rabun jauh. Dalam bahasa medis, rabun jauh atau minus biasanya disebut miopi. Kelainan mata minus adalah suatu keadaan dimana mata tidak dapat melihat objek yang jauh dengan jelas, akibat menurunnya fungsi kornea mata dimana bayangan benda jatuh didepan retina. Biasanya seseorang yang mempunyai mata minus menggunakan kacamata lensa cekung agar bayangkan bisa tepat jatuh pada retina. Kelainan mata minus bisa disembuhkan secara total, baik dengan cara operasi, terapi atau menggunakan kacamata secara terus-menerus maksudnya setiap kegiatan yang mengharuskan Anda tetap bisa melihat dengan baik, contohnya mengetik, melihat tv dan sebagainya.

Mata minus bisa terjadi karena beberapa faktor. Dan sebelum Anda terkena mata minus, biasanya ada gejala yang bisa membuat Anda lebih dini mengatasi mata minus sebelum minusnya lebih parah. Mata minus juga bisa mengganggu kehidupan sehai-hari orang yang mengalaminya, contohnya seperti susah melihat jarak jauh, jika sudah menjelang malam terkadang sulit untuk mengemudi, sulit untuk membaca tulisan yang kecil dan sebagainya. Hal paling utama yang bisa dilakukan adalah menggunakan kacamata minus, dengan menggunakan kacamata maka Anda bisa beraktiftas dengan normal kembali. Untuk seseorang yanng merasa risih menggunakan kacamata, biasanya menggunakan lensa kontak. Namun, sebaiknya dianjurkan menggunakan kacamata, karena menggunakan lensa kontak mempunyai resiko lainnya, seperti mata bisa iritasi akibat pemakaian yang tidak benar dan kurangnya kebersihan.

Mengupas tuntas tentang mata minus

Anda harus mengetahui gelaja, penyebab dan cara mengatasi mata minus. Manfaatnya adalah agar Anda yang belum terkena mata minus bisa menjaga mata Anda agar tetap sehat dan bagi Anda yang sudah mempunyai mata minus bisa menyembuhkan atau paling tidak, mengurangi minus pada mata Anda. Sehingga tidak ada lagi istilah, susah beraktifitas karena mata minus. Hal itu memang sangat mengganggu Anda.
Gejala mata minus :
Tidak menyadari adanya keberadaan objek yang jauh
Kedipan mata yang lebih banyak dari mata normal
Menyipitkan mata untuk melihat objek yang jauh seperti tulisan dipapan tulis
Sering sakit kepala karena mata bekerja lebih daripada mata normal
Menjadi sering menggosok mata

Penyebab mata minus :
Pola hidup
Pola hidup yang buruk bisa menyebabkan mata minus. Pasti sudah tidak asing lagi dimasyarakat, pola hidup yang bisa menyebabkan mata minus adalah aktifitas didepan komputer yang terlalu lama, membaca sambil tiduran, menonton tv dengan jarak yang sangat dekat, bermain handphone dan masih banyak lagi. Maka tidak heran, sekarang ini semakin banyak orang yang matanya minus.

Genetika
Jika faktor genetika, memang tidak bisa dihindari lagi. Karena ini adalah keturunan dari orang tua kita yang sudah mempunyai gen mata minus. Bisa Anda lihat, jika ada keluarga yang semua anggotanya berkacamata, maka bisa jadi salah satu faktornya adalah faktor genetika. Jika orangtua Anda juga mempunyai mata minus, maka Anda harus berhati-hati dan mulai menjalani pola hidup yang sehat.

Istirahat
Sebagai manusia, pasti kita membutuhkan istirahat agar tubuh kita menjadi lebih segar lagi untuk melanjutkan aktifitas berikutnya. Sebaiknya, jangan terlalu memforsir diri Anda. Manfaatkan waktu istirahat yang ada dengan sebaik-baiknya. Apalagi bagi Anda yang bekerja didepan komputer dalam waktu yang lama. Istirahatkan diri dan mata Anda.

Pola makan
Pola makan yang buruk juga bisa menyebabkan mata minus. Misalnya Anda kurang asupan vitamin A dari sayuran atau buah-buahan. Sehingga mata Anda akan mudah mengalami kelainan, yang salah satunya adalah mata minus.

Cara menyembuhkan mata minus :
Cara yang kami berikan dibawah ini adalah cara yang sederhana dan alami, sehingga tidak menyulitkan Anda untuk melakukannya dan tanpa operasi.
Untuk Anda yang bekerja didepan komputer, lakukanlah istirahat paling tidak setiap 25 menit sekali. Minumlah segelas air putih kemudian lepas kacamata Anda dan lihatlah pemandangan diluar rumah atau kantor tempat Anda bekerja.

Cara ini terbilang unik. Anda bisa melihat lilin yang menyala tanpa berkedip banyak, kemudian tunggu hingga mata Anda berair. Dari banyak pengalaman, terapi ini juga manjur.

Latihlah mata Anda untuk melihat objek tanpa menggunakan kacamata. Semisal Anda bisa pergi ke sawah atau laut dan coba pandangi pemandangannya. Tempat-tempat seperti itu memiliki sudut pandang yang jauh sehingga mata Anda bisa rileks melihatnya.

Terapi menggunakan daun sirih juga dikatakan efektif. Caranya adalah ambil dua lembar daun sirih dan cuci hingga bersih. Ketika hendak tidur, tempel dikedua mata Anda dan biarkan hingga keesokan hari.

Mengamati benda yang bergerak. Salah satu cara yang paling mudah adalah Anda bisa melihat mobil atau motor yang sedang lewat. Pastikan, Anda dapat melihat bayangannya secra utuh dan tidak kabur.

Jangan lupa untuk menggunakan helm jika Anda bekendara dan membersihkan mata dengan obat tetes mata. Anda juga bisa mengkonsumsi wortel dengan olahan yang Anda sukai untuk memenuhi kebutuhan vitamin A.

Demikian penjelasan mengenai penyebab mata minus dan cara mengatasinya. Sangat sederhana bukan cara mengatasinya ? bisa Anda coba dan semoga berhasil. Jika mata Anda terbebas dari kacamata, maka Anda akan lebih nyaman dalam beraktifitas.

Related posts:

No response yet for "Penyebab Mata Minus dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment