Resep Kue Brownies Kukus yang Legit

Resep Kue Brownies Kukus yang Legit
Kue brownies memang disukai banyak orang. Ada dua tipe kue brownies, yaitu brownies kukus dan oven. Kedua jenis brownies ini sama-sama mempunyai rasa yang enak. Sekarang ini, brownies sangat mudah untuk dibeli, karena banyak pengusaha kue yang sudah menjualnya, hingga dari usaha rumahan hingga usaha yang sudah mempunyai nama yang terkenal diseluruh Indonesia. Kue brownies, cocok disantap dengan segelas teh hangat atau juga bisa dengan minuman dingin, tetap sama saja enaknya. Brownies sudah menjadi favorit masyarakat dari awal kue ini diperkenalkan.

Bagi Anda yang ingin membuat kue brownies yang sederhana namun enak, bisa mencoba resep yang akan kami berikan ini. Resep kue brownies kukus yang rasanya legit ini sangat mudah untuk dipraktikan dirumah, karena bagi Anda yang belum mempunyai oven tetap bisa membuat brownies yang dikukus. Tentu saja, rasanya tidak kalah pecah dimulut dengan brownies oven. Biasanya, orang menyebut brownies kukus dengan sebutan brownies basah, karena teksturnya lebih lembut daripada brownies oven yang teksturnya kering. Penasaran dengan bagaimana resep dan cara membuat brownies kukus? mari simak penjelasannya.

Pembuatan kue brownies kukus yang legit


Masuk pada tahap pembuatan kue yang berasal dari Kota Bandung ini. Caranya sangat sederhana dan bahan-bahannya pun sangat mudah untuk dicari. Brownies kukus yang legit ini akan terasa pecah dimulut ketika Anda menyantapnya. Mari kita telusuri apa saja bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Alat : 

  1. Mixer
  2. Baskom
  3. Sendok teh
  4. Loyang
  5. Dandang

Bahan :

  1. Mentega
  2. 50 gram coklat bubuk yang sudah diayak dan dicampur sampai merata dengan tepung terigu
  3. ½ sdt garam halus
  4. ½ sdt ovalet
  5. 1 kotak vanili
  6. 6 butir telur ayam ras
  7. 125 gram tepung terigu yang sudah diayak
  8. 225 gram gula
  9. 75 ml minyak goreng (usahakan minyak goreng yang baru pertama dipakai)
  10. Campuran 100 gr dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan, minyak goreng dan 75 ml susu kental manis rasa vanilla

Proses pembuatan brownies kukus :


  • Kocok telur dan gula hingga mengembang dengan mixer, kemudian campurkan ovalet dan kocok lagi hingga berwarna putih dan mengembang.
  • Masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk kedalam adonan, kemudian aduk hingga merata.
  • Kemudian campuran dark chocolate dan minyak dimasukkan kedalam adonan dan aduk hingga merata. Buatlah adonan menjadi 3 bagian.
  • Siapkan loyang yang sesuai dengan ukuran dandang Anda, kemudian lapisi dengan kertas roti yang diatasnya di olesi mentega dan ditaburi terigu.
  • Siapkan dandangnya, dipanaskan terlebih dahulu. Kemudian tutupnya di balut dengan kain serbet sampai rapat.
  • Tuangkan adonan pertama dan kukus selama 10 menit.
  • Adonan kedua dicampur dengan susu kental manis, aduk hingga merata dan kukus lagi selama 10 menit.
  • Adonan yang terakhir adalah adonan yang ketiga, tuangkan adonan ketiga kemudian kukus lagi hingga 20 menit kemudian bisa diangkat.
  • Setelah masak, brownies bisa didinginkan lalu dipotong sesuai selera. Bisa Anda beri topping irisan strawberry atau anggur. Sangat lezat.


Demikian resep kue brownies kukus yang legit, semoga bisa menginspirasi Anda yang ingin mencoba membuat kue brownies kukus dirumah. Pasti keluarga Anda akan menyukainya dan sangat cocok untuk camilan saat berkumpul bersama keluarga. Bukan hanya enak,pembuatan brownies kukus juga mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu. Selamat mencoba.

Related posts:

No response yet for "Resep Kue Brownies Kukus yang Legit"

Post a Comment