Tips Jitu Belajar Secara Efektif

Tips Jitu Belajar yang Efektif
Sudah belajarkah Anda hari ini ? pertanyaan ini paling pas diajukan untuk para siswa atau mahasiswa yang masih menjalani program pendidikan. Sebenarnya, belajar itu bisa dilakukan sampai kapanpun tanpa ada batas umur, karena belajar bukan hanya soal akademik, akan tetapi juga banyak hal didunia ini yang bisa dipelajari, seperti mengasah kemampyan memasak, menjahit, menyanyi atau belajar dari sebuah peristiwa sehingga kita bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Belajar mungkin menjadi suatu kegiatan yang tidak disukai banyak orang. Daripada belajar, lebih banyak orang memilih untuk bermain atau melakukan aktifitas yang lebih menyenangkan lainnya. Tetapi yang wajib dalam belajar adalah seseorang yang masih menjalani pendidikan. Belajar itu sangat penting agar ilmu bisa lebih diserap oleh otak, sehingga otak akan terasah terus.

Belajar harus mempunyai cara yang benar, agar dalam belajar kita bisa mendapatkan ilmu yang benar-benar bisa selalu diingat bukan sekedar menghafal saja, kemudian mudah lupa. Maka dari itu belajar haruslah efektif dan efisien agar waktu yang digunakan untuk belajar tidak terbuang sia-sia begitu saja. pelajar, seharusnya belajar tidak pada saat menjelang ujian saja, belajar yang baik itu sebenarnya harus setiap hari dengan waktu yang tidak terlalu lama agar otak juga tidak lelah. Seperti yang dikatakan diatas, otak harus selalu diasah agar tidak tumpul. Memanfaatkan masa-masa saat kita masih menjalani pendidikan adalah waktu yang paling tepat untuk kita lebih mendalami sebuah ilmu. Ada beberapa tips jitu agar belajar menjadi efektif dan pastinya tips ini bisa digunakan bagi Anda yang merasa belajarnya kurang efektif.

Apa saja tips jitu belajar yang efektif?

Tips yang kami berikan ini sangat mudah untuk dipahami, karena cara ini sangat sederhana, sehingga jika sudah terbiasa setiap hari melakukannya akan menjadi kebiasaan yang baik bagi pelajar yang merasa belajarnya tidak efektif. Berikut penjelasannya :

1. Berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa
Hal ini adalah yang terpenting. Apapun hal yang diawali dengan doa pasti terasa lebih nyaman. Apalagi dalam hal belajar, karena ilmu itu berasal dari Tuhan yang Maha Esa, maka untuk belajar kita jangan melupakan untuk berdoa. Dan berharap semoga ilmu yang dipelajari bisa bermanfaat dan tidak membuat kita menjadi orang yang sombong.

2. Tentukan tujuan belajar
Hal ini harus Anda tentukan terlebih dahulu sebelum belajar. Dalam belajar kita harus fokus jangan sampai fokus Anda terbagi-bagi ke hal yang lainnya. Contohnya hari ini Anda akan belajar mengenai filsafat pancasila maka materi ini saja yang Anda fokuskan dan jangan sampai tidak konsisten.

3. Target yang ingin dicapai
Anda harus bisa memotivasi diri sendiri. Agar belajar Anda menjadi lebih menyenangkan dan dilakukan dengan hati yang ikhlas, seakan-akan sebuah hadiah sudah menunggu Anda setelah Anda menyelesaikan belajar. Contohnya Anda belajar untuk materi khusus ujian nasional dan target Anda adalah bisa lulus dengan nilai rata-rata 9. Untuk memotivasi diri Anda setiap harinya, Anda bisa membuat catatan target belajar kemudian tempelkan pada tempat yang setiap harinya bisa Anda lihat.

4. Jadwal belajar
Anda harus membuat jadwal belajar dan Anda harus bisa mematuhi waktu yang sudah ditentukan dalam jadwal yang Anda buat sendiri tersebut. Contohnya hari Senin : Biologi dan Bahasa Inggris. Sehingga setiap hari, Anda akan fokus pada pelajaran yang sudah ditentukan. Maka belajar bisa rutin Anda lakukan.

5. Fokus
Yang terpenting juga Anda harus fokus. Jauhkan waktu belajar Anda dari gangguan seperti menonton tv, bermain handphone atau hal yang lainnya, Anda harus fokus.

6. Catatan kecil
Agar lebih mudah dalam belajar, Anda sebaiknya membuat catatan kecil yang berisi rangkuman materi pelajaran tersebut. Agar diwaktu luang, Anda juga bisa membacanya dengan santai.

7. Mengenali tipe belajar
Anda harus bisa mengenali bagaimana cara belajar yang sesuai dengan diri Anda. Contohnya, Anda tipe orang yang suka belajar dengan cara mendengarkan rekaman suara yang menjelaskan materi yang Anda pelajari.

8. Membaca
Jangan malas untuk membaca. Karena dengan membaca Anda akan terbiasa dengan apa yang Anda baca sehingga bisa memahami dan bukan menghafal. Ini yang menjadikan ingatan jangka panjang. Membaca adalah jendela ilmu.

Demikian tips jitu belajar yang efektif. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan pernah malas untuk belajar, karena ilmu itu sangat bermanfaat bagi hidup Anda. Semua ilmu akan memberikan manfaat yang bisa membuat Anda lebih berkembang dan maju. tetap semangat belajar dan raih cita-cita Anda.

Related posts:

No response yet for "Tips Jitu Belajar Secara Efektif"

Post a Comment