Tips Mengatasi Susah Tidur

Tips Mengatasi Susah TidurApakah Anda pernah mengalami insomnia atau bahkan mengalaminya setiap hari?

Hal seperti itu harus segera diatasi, karena insomnia tidak baik bagi kesehatan Anda. Insomnia biasanya terjadi ketika seseorang mengalami stress atau mempunyai pola hidup yang tidak sehat. Dalam jangka waktu pendek insomnia terlihat tidak memberikan efek yang terlalu membahayakan, efek kecil dari insomnia seperti badan pegal saat bangun tidur, badan terasa lesu ketika beraktifitas, merasa ngantuk ketika sedang beraktifitas dan lain-lain. Namun, jika Anda mengalami insomnia dalam jangka waktu panjang, tentunya akan membahayakan kesehatan Anda. Insomnia menyebabkan waktu tidur malam Anda menjadi pendek sehingga dapat membuat sirkulasi darah Anda tidak teratur. Sirkulasi darah tidak teratur dapat mengganggu fungsi otak yaitu menyebabkan otak tidak bisa bekerja dengan efektif. Adanya gangguan pada kerja otak jelas akan mempengaruhi kerja organ lainnya seperti pencernaan, pernafasan dan lain-lain.

Agar tubuh yang sehat bisa Anda dapatkan, Anda harus bisa mengatasi insomnia yang terjadi pada diri Anda. Selain faktor stress seperti yang disebutkan diatas, insomnia juga bisa berasal dari faktor eksternal seperti menonton tv hingga larut malam, bermain handphone, ada hal yang Anda kerjakan hingga larut malam dan sebagainya. Agar Anda terhindar dari insomnia ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Tidur malam adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setiap manusia, karena pada tidur malam tubuh beristirahat lebih lama, adanya hormon pertumbuhan yang bekerja saat tidur dan menyegarkan tubuh keesokan harinya. Untuk menerapkan hidup sehat bisa dimulai dari mendapatkan tidur malam yang efektif sehingga Anda harus menghilangkan insomnia.

Tips mengatasi insomnia atau susah tidur


Mengalami insomnia pasti membuat Anda merasa tubuh Anda tidak sehat. Padahal setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat agar bisa menjalankan aktifitas dengan baik. Berikut adalah tips mengatasi insomnia :

#1
Sebaiknya Anda tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya. Sehingga Anda akan terbiasa dengan siklus yang sama.

#2
Anda jangan mudah stress. Stress bisa dalam hal apa saja, seperti ada masalah kerjaan, sekolah, kuliah atau masalah keluarga. Usahakan jika Anda mengalami masalah, tenangkan pikiran Anda dan cobalah untuk menemukan solusinya. Jika seperti itu, Anda akan lebih tenang sehingga stress yang Anda alami tidak berlangsung lama apalagi sampai mengganggu pola tidur Anda. Buatlah pikiran Anda selalu positif agar bisa menyelesaikan masalah dengan lebih tenang.

#3
Anda harus mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi, bukan hanya itu saja konsumsi alkohol dan merokok juga harus Anda kurangi. Semua hal itu dapat menyebabkan Anda menjadi terjaga atau segar terus, sehingga tidak merasakan mengantuk. Padahal kenyataannya manusia membutuhkan tidur malam yang berkualitas.

#4
Hindari melihat TV dan memainkan handphone atau gadget lainnya ketika hendak tidur. Hal ini bisa mengganggu tidur Anda, contohnya saat Anda mau tidur Anda melihat TV dahulu terutama TV yang ada didalam kamar karena melihat acara yang menarik Anda menjadi keterusan menonton, memainkan handphone sebelum tidur seperti bersms atau menelepon bisa membuat Anda tidak ingat waktu padahal seharusnya Anda sudah tidur dan masihbanyak lagi. Sebaiknya jika ingin pergi tidur, matikan TV Anda dan meletakkan handphone Anda jauh dari tempat tidur agar tidak menggangu tidur Anda.

#5
Berolahraga yang teratur dapat mengatasi insomnia, olahraga sebaiknya dilakukan pagi hari. Dengan melakukan olahraga yang teratur, tubuh Anda akan lebih segar dan sehat sehingga bisa melawan stress yang Anda alami sehari-hari.

Demikian tips untuk mengatasi susah tidur atau insomnia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang bingung dengan bagaimana cara mengatasi insomnia. Tetaplah berpikir positif karena itu pengaruh dari dalam diri Anda, sehingga bisa membuat pola hidup Anda lebih sehat. Dan jangan lupa buatlah setiap tidur Anda adalah tidur yang berkualitas yaitu ketika bangun dipagi hari badan terasa segar.

Related posts:

2 Responses for "Tips Mengatasi Susah Tidur"

  1. Kalo saya susah tidurnya karena kecanduan online di gadget, gimana cara ngatasinya tuh ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segala sesuatu harus memiliki kontrol, sehingga hal-hal negatif dapat terhindarkan.

      Delete