Yuk, Coba Tips Menabung yang Efisien

Tips Menabung yang Efisien
Apakah Anda termasuk orang yang pandai dalam menabung?

Jika benar, itu adalah kebiasaan yang sangat baik. Karena menabung mengajarkan kita untuk selalu bisa menyisihkan uang yang kita punya. Entah itu, uang jajan atau uang bulanan Anda. Sikap gemar menabung sebaiknya diajarkan sejak kecil, agar hingga dewasa akan tetap terbiasa. Tetapi tidak semua orang pandai menabung, sebagian orang memilih untuk menghabiskan uangnya untuk makan, membeli barang atau berekreasi.

Tidak ada salahnya, Anda melakukan ketiga hal tersebut, namun sebaiknya tetap harus bisa menyisihkan uang untuk ditabung walaupun sedikit. Jika kita menabung, tidak ada ruginya sama sekali, malah sebaliknya kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari menabung. Apa saja manfaat menabung? tentu saja banyak, namun beberapa manfaat yang bisa terlihat jelas adalah seperti kita mempunyai uang simpanan, ketika ada kebutuhan mendadak kita sudah siap, untuk investasi dimasa mendatang dan sebagainya. Tidak ada ruginya bukan? sehingga kita bisa berjaga-jaga untuk hal yang lebih penting dikemudian hari daripada harus menghabiskan uang untuk hal yang tidak penting. Terkadang barang yang kita beli belum tentu kita butuhkan.

Apa saja tips menabung yang efisien?


Bagi Anda yang masih belum terbiasa menabung, Anda bisa mencoba tips ini. Tips yang kami berikan sangat sederhana. Walaupun dilakukan dengan pelan, suatu hari menabung akan menjadi kebiasaan Anda. Berikut tips menabung yang efisien :

1. Mencatat kebutuhan
Pertama, yaitu Anda harus mencatat apa saja barang yang Anda butuhkan selama satu bulan. Jika sudah, hitung kira-kira berapa Anda membutuhkan uang untuk membeli semuanya. Pisahkan uang untuk transportasi, makan dan pulsa. Yang terakhir hitung berapa sisa uang Anda setelah dikurangi untuk belanja bulanan, transportasi dan pulsa. Misalnya, uang yang Anda punya untuk 1 bulan yaitu 2 juta rupiah dan kebutuhan bulanan, transport, makan dan pulsa adalah 1,5 juta rupiah. Sehingga uang Anda sisa 500 ribu rupiah. Anda bisa menyisihkan sekitar 400 ribu rupiah dan 100 ribu rupiah untuk uang jaga-jaga.

2. Jadikan kebiasaan
Sisihkan uang Anda diawal. Kemudian bisa Anda tabung dirumah atau dibank. Pasti dengan demikian, Anda akan berpikir jangka panjang apa pentingnya menabung dan dapat merasakan manfaatnya ketika uang tabungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk hal yang penting dan mendesak.

3. Menentukan tanggal
Anda harus menandai, tanggal dimana uang bulanan Anda tersebut habis masa digunakannya sebelum Anda mendapatkan uang bulanan yang baru. Dengan demikian, pengeluaran Anda akan terasa lebih teratur dan jelas untuk apa saja.

4. Harus disiplin
Hal kedisiplinan ini penting, karena Anda harus benar-benar konsisten setiap bulannya untuk menabung. Teruslah motivasi diri Anda sendiri, agar menabung terasa menyenangkan.

5. Buka rekening diam dan tabung uang receh
Rekening diam? benar, rekening diam adalah rekening yang tidak kita ambil isinya. Sehingga, uang dalam rekening tersebut memang khusus untuk tabungan. Jika Anda mempunyai uang receh, jangan Anda biarkan begitu saja. Kumpulkan didalam celengan. Itu juga sangat bermanfaat karena lama kelamaan akan banyak.

6. Hidup hemat
Anda harus bisa hidup hemat, karena hidup hemat itu bukannya harus hidup dengan keadaan pas-pasan atau pelit kepada diri sendiri. Hidup hemat, akan membuat kita mengeluarkan uang hanya untuk kebutuhan yang penting, sehingga tidak untuk mengikuti kemauan diri karena ada hal lain yang dipertimbangkan. Seperti slogan “hemat pangkal kaya”.

Mudah bukan cara menabung yang efisien? Anda tidak harus terburu-buru melakukannya. Cobalah pelan-pelan, kemudian akan bisa menjadi kebiasaan. Anda juga pasti tahu, bahwa sifat boros itu tidak baik sehingga menabung adalah salah satu cara menghindari sifat boros. Jadikan diri Anda sebagai manusia yang berkualitas.

Related posts:

No response yet for "Yuk, Coba Tips Menabung yang Efisien"

Post a Comment