Apa itu OJK berserta tugas dan fungsinya

Apa itu OJK berserta fungsinya
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah sebuah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 yang memiliki fungsi untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Seperti yang dilakukan oleh bank Mega, bank yang satu ini mengikuti peraturan OJK dimana setiap calon nasabah harus memiliki pekerjaan yang real guna dapat membuka rekening baru. Akan tetapi kebijakan yang dilakukan bank Mega tersebut belum diaplikasikan oleh bank-bank lain.

Sebagai lembaga yang dibentuk untuk kepentingan negara, OJK memiliki tujuan, fungsi serta tugas sebagai berikut:

TUJUAN

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan dapat:

  • Terlaksana secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel,
  • Dapat mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan
  • Dapat melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

FUNGSI

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki fungsi sebagai penyelenggara sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan.

TUGAS

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki tugas untuk melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB.

OJK dibentuk sesuai bunyi Undang-undang, oleh yang demikian keberadaan OJK diharapkan mampu memberikan sumbangsih berarti kepada negara untuk mengatur serta mengawasi kegiatan keuangan baik yang melibatkan unsur kenegaraan maupun masyarakat.

Akses OJK:

  • Telepon: 021 29600000
  • Website: www.ojk.go.id

Demikian, semoga bermanfaat. Jika Anda ingin tau lebih lanjut perihal OJK, Anda dapat mengunjungi website resmi OJK. Di website OJK, Anda dapat menemukan sejumlah artikel pengetahuan terkait fungsi dan tugas OJK.

Related posts:

No response yet for "Apa itu OJK berserta tugas dan fungsinya"

Post a Comment