Tips Bisa Kredit Motor Dengan Penghasilan Rendah Atau Tidak Menentu

Tips Bisa Kredit Motor Dengan Penghasilan RendahBagaimana supaya bisa kredit motor tanpa merasa sangat terbebani? Membeli barang melalui jalur kredit adalah salah satu opsi yang bisa kita ambil dengan mempertimbangkan sejumlah hal. Jika Anda punya uang yang cukup, mungkin Anda tidak harus menempuh jalur kredit, namun bagi mereka yang penghasilannya pas-pasan atau bahkan tergolong tidak menentu sepertinya opsi pembelian dengan cara kredit bisa dijadikan pilihan.

Membeli motor atau barang apapun secara kredit pastinya tidak lepas dari risiko, terlebih lagi bagi yang penghasilannya pas-pasan. Sangat penting untuk melakukan perhitungan secara matang terlebih dulu sebelum Anda mengambil keputusan untuk kredit barang. Dengan berpertimbangan secara matang, maka Anda dapat terhindarkan dari hal-hal yang berpotensi merugikan Anda dikemudian hari yang bisa saja hal tersebut sebelumnya tidak pernah Anda sadari.

Dalam sisi tertentu, membeli motor secara kredit juga tidak selalu memberatkan selama kita sudah membuat perencanaan dan perhitungan secara rinci. Berbeda dengan kita asal kredit saja, pastinya ini akan menyusahkan kita dikemudian hari. Bahkan, uang yang sudah kita keluarkan untuk membayar DP dan mengangsur selama beberapa bulan akhirnya hilang begitu saja ketika kita gagal membayar selama tiga bulan berturut-turut dimana sesuai peraturan berlaku, seseorang yang tidak mampu membayar cicilan kredit selama tiga bulan akan dihadapkan dengan konsekuensi berupa penarikan barang (motor) oleh pihak dealer atau pihak terkait.

Berikut beberapa tips untuk kredit motor secara aman dan tidak menyusahkan bagi Anda yang notabene memiliki penghasilan rendah atau tidak menentu:

Estimasikan penghasilan Anda pada level terendah

Misalkan penghasilan bulanan Anda tidak menentu, terkadang 1.2 juta, 1.5 juta atau mungkin saja mencapai 2.5 juta, maka yang perlu Anda jadikan patokan adalah penghasilan terkecil Anda.

Dengan asumsi dalam sebulan setidaknya Anda bisa mendapat pemasukan sebesar 1.2 juta, maka Anda harus bisa menyisihkan minimal 600 ribu dari total penghasilan bulanan Anda.

Dengan menyisihkan 600 ribu per bulan, idealnya Anda harus memilih motor dengan harga maksimal 14 juta. Usahakan untuk tidak memilih motor dengan harga diatas 14 juta, ini akan menyulitkan Anda.

Asumsinya Anda memilih motor seharga 14 juta, maka hitungan-hitungan sederhananya adalah sebagai berikut:

Harga cash: Rp 14.000.000
Harga kredit (total): Rp 20.300.000
DP: Rp 2.030.000
Cicilan per bulan: Rp 564.000 (x 36 bulan)

Minimalisir pengeluaran untuk kebutuhan sekunder

Ketika Anda mendapat pemasukan, hindari membeli segala sesuatu yang sifatnya sekunder. Hal ini bertujuan untuk memastikan Anda memiliki backup dana.

Bergantung pada gaya hidup Anda, penghasilan bulanan pada kisaran 1.2 - 2.5 juta harusnya cukup untuk menyisihkan 600 ribu per bulan.

Related posts:

No response yet for "Tips Bisa Kredit Motor Dengan Penghasilan Rendah Atau Tidak Menentu"

Post a Comment