Mengenal 3 Jenis Web Hosting

web hostingMemilih hosting secara tepat sesuai kebutuhan merupakan salah satu poin prioritas dalam kaitan membuat serta mengembangkan website atau blog berbasis self hosting (hosting milik sendiri). Pada dasarnya, hosting adalah tempat untuk menampung data-data website termasuk gambar, video, teks atau file flash. Namun, cakupan fungsi hosting sebenarnya lebih luas dan tidak sebatas menjadi media storage online.
Menyinggung tentang web hosting, pastinya didalamnya ada yang disebut sebagai server. Nah, server ini nantinya yang akan menentukan performa suatu website, apakah memiliki tingkat kecepatan akses yang bagus, lambat, sering down atau masalah-masalah terkait lainnya. Dengan demikian, maka amat penting bagi pengguna untuk memilih layanan web hosting terbaik dengan kualitas server yang dapat diandalkan.
Web hosting tersedia dalam berbagai pilihan sesuai kebutuhan pengguna. Ukuran website dan volume trafik menentukan jenis hosting apa yang cocok untuk Anda. Semakin banyak file suatu website, maka semakin besar biaya yang harus dipersiapkan. Begitu juga dengan ukuran trafik, semakin banyak pengunjung website bersangkutan, maka semakin besar pula biaya sewa web hosting yang harus dikeluarkan. Dan berikut 3 jenis web hosting dengan kriteria masing-masing.
1. Shared Hosting
Shared hosting adalah sebuah layanan web hosting yang menggunakan server tunggal. Shared hosting merupakan layanan web hosting standar yang umumnya digunakan oleh kalangan blogger dengan tingkat pengunjung rendah-sedang dan personal website. Karena menggunakan server tunggal, maka performa atau kecepatan akses shared hosting pada umumnya relatif lamban jika dibandingkan jenis hosting yang lain. Adapun sisi kelebihan dari tipe web hosting shared hosting ini terletak pada harga, dimana harga shared hosting memang relatif murah.
2. VPS Hosting
VPS (Virtual Private Server) merupakan tipe web hosting dengan performa diatas shared hosting pada umumnya. VPS sebenarnya masih tergolong sebagai shared hosting, namun pada VPS ini user diberikan resource yang lebih tinggi dengan adanya virtualisasi pada setiap server. Tidak mengherankan jika website yang menggunakan VPS secara umum memiliki kecepatan akses yang lebih baik katimbang shared hosting.
3. Dedicated Server
Dedicated server adalah sebuah layanan web hosting yang hanya digunakan oleh website-website besar seperti website portal berita, website forum, dan website e-commerce. Dengan dedicated server, Anda akan memiliki server secara utuh sehingga performa website Anda benar-benar terjaga. Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak penyedia layanan web hosting lokal yang menawarkan dedicated server.
Butuh layanan web hosting berkualitas dengan harga murah? Cek: Paket Hosting Murah Terbaik

Related posts:

No response yet for "Mengenal 3 Jenis Web Hosting"

Post a Comment