Cara Meningkatkan CPC dan Penghasilan AdSense

Cara Meningkatkan CPC AdSense
Google AdSense (GA) memungkinkan blogger mendapatkan penghasilan dari blog yang mereka kelola secara optimal, namun pada prakteknya untuk memaksimalkan earnings dari PPC GA tidaklah semudah yang dibayangkan. Besar-kecilnya earnings dari GA tidak semata-mata ditentukan oleh trafik tinggi. Bahkan, trafik hingga 10k/hari pun belum cukup untuk membuat publisher bisa payout setiap bulan. Banyak faktor yang menjadi barometer seberapa tinggi/rendah penghasilan dari GA.

Saya persingkat langsung ke materi cara meningkatkan CPC AdSense sebagaimana yang telah saya pelajari dan terapkan selama beberapa tahun menjadi publisher GA. Berikut beberapa kiat pasti untuk meningkatkan penghasilan GA dengan menekankan pada nilai CPC.

Cara Meningkatkan CPC AdSense


1. Tema
Faktor penentu pertama CPC GA adalah tema. Sebenarnya faktor yang paling berpengaruh adalah geo visitor (lokasi pengunjung situs web Anda). Namun, pembahasan saya pada artikel ini adalah merujuk pada blog dengan konten bahasa Indonesia. Pilihlah tema dengan CPC potensial (tinggi).

2. Keyword
Jika tema memiliki cakupan arti yang lebih luas, maka keyword lebih spesifik. Buatlah artikel yang mengandung sejumlah keyword dengan nilai CPC tinggi. Pastikan keyword tersebut tidak menyimpang jauh dari tema blog Anda, karena hal ini dapat menyebabkan penurunan CPC.

3. Kualitas Blog
Poin terpenting berikutnya adalah merujuk pada kualitas blog publisher. Seperti saya sebutkan diatas, trafik tinggi tidak cukup untuk memaksimalkan earnings dari GA. Pastikan blog Anda memiliki kualitas yang baik sehingga CPC akan cenderung memperlihatkan trend kenaikan. Kualitas sebuah blog dicirikan oleh sejumlah faktor, salah satunya adalah bounce rate.

4. Kualitas Artikel
Anda mungkin berpikir bahwa dengan menulis artikel singkat yang memuat keyword mahal lantas membuat CPC akun GA Anda mengalami kenaikan secara signifikan. Persepsi tersebut salah besar. Iklan yang tampil di blog Anda tidak akan bernilai tinggi tanpa berbekal artikel berkualitas.

5. Ukuran Iklan
Idealnya ukuran iklan yang berpotensi menghasilkan CPC tinggi adalah ukuran besar. Namun, bukan berarti Anda harus menggunakan semua ukuran iklan besar. Bergantung pada layout blog Anda, dalam hal ini Anda bisa menggunakan ukuran 300x250, 336x280, 728x90, 160x600, 300x600. Ukuran tersebut merupakan ukuran iklan terbaik sesuai riset Google.

6. Tata Letak
Poin berikutnya yang juga sangat penting adalah tata letak iklan. Pastikan Anda meletakkan iklan pada posisi yang strategis. Para pengiklan menginginkan agar iklan mereka tampil secara sempurna dan strategis. Posisi iklan terbaik berdasarkan pengalaman saya adalah:

Opsi I
Header (gunakan iklan berukuran 728x90)
Halaman artikel (gunakan iklan berukuran 300x250 dibawah judul)
Sidebar (gunakan iklan berukuran 300x250/160x600/300x600)

Opsi II
Halaman artikel (dibagian kanan atas, gunakan ukuran iklan 300x250)
Halaman artikel (dibagian tengah artikel, gunakan iklan ukuran 336x280)
Halaman artikel (dibawah artikel, gunakan iklan ukuran 336x280)

7. Jumlah Iklan
Meskipun Google membatasi jumlah pemasangan iklan di satu laman web hingga 3 unit iklan dan 3 unit link, namun sebaiknya Anda membatasi penggunaan iklan. Bergantung pada tingkat kepadatan artikel di blog Anda, jika rata-rata artikel di blog Anda <500 kata, maka sebaiknya cukup pasang 2 unit iklan. Jika statistik penghasilan dirasa masih kurang bagus, silakan tambahkan 1 unit link.

8. Pola Pergantian Kode Iklan
Untuk menemukan performa iklan paling bagus tentunya Anda harus melakukan sejumlah pengujian. Disini yang perlu Anda perhatikan adalah, CPC akan mengalami penurunan begitu Anda mengganti kode iklan lama dengan yang baru. Oleh yang demikian, pastikan Anda tidak terlalu sering mengganti kode iklan kecuali  Anda benar-benar perlu melakukan percobaan menggunakan konsep tertentu.

9. Buat Channel
Metode ini terbukti mampu meningkatkan CPC GA. Jika dengan menerapkan sejumlah langkah diatas CPC akun GA Anda masih relatif rendah, langkah selanjutnya yang bisa Anda tempuh adalah dengan membuah channel. Pastikan Anda memberikan deskripsi channel dengan sejelas mungkin sehingga pengiklan merasa tertarik dengan channel iklan Anda.

10. Tingkatkan Pengunjung
Volume trafik memang tidak masuk dalam konsep menaikan CPC GA, namun pengunjung adalah modal dasar untuk mendapatkan penghasilan dari periklanan. Meski banyaknya pengunjung tidak serta-merta menaikkan penghasilan GA Anda, namun dengan menggunakan teori dasar, semakin banyak trafik blog maka semakin besar pula penghasilan Anda.

Demikian, semoga bermanfaat. Sebagai catatan, terapkan langkah-langkah diatas selama tidak kurang dari 3 minggu. Proses pengujian membutuhkan waktu, dan 3 minggu merupakan batas waktu yang ideal untuk menyimpulkan hasilnya.

Related posts:

No response yet for "Cara Meningkatkan CPC dan Penghasilan AdSense"

Post a Comment