5 Alasan Mengapa PHK 1 Juta PNS Dirasa Perlu

5 Alasan Mengapa PHK 1 Juta PNS Dirasa Perlu
Per 2017 pemerintah akan memangkas jumlah anggota pegawai negeri sipil (PNS) sebanyak 1 juta orang. Keputusan pemerintah ini pun mendapat tanggapan yang cukup beragam dari masyarakat.

Mengintip bilik media sosial, tidak sedikit dari netizen yang pro dengan rencana pemerintah. Namun, ada juga yang merasa PHK 1 juta PNS justru akan menimbulkan masalah baru.

Terlepas dari tepat atau tidaknya rencana pemerintah untuk mengurangi kuota PNS yang saat ini mencapai 4.5 juta orang, setidaknya ada 5 alasan logis mengapa pemerintah perlu merumahkan 1 juta PNS.

Apa sajakah 5 hal tersebut? berikut jawabannya:

1. Tingkat Kompetensi
Bukan rahasia lagi, bahwa dari total jumlah PNS yang ada sekarang sebagian besar tidak memiliki kompetensi yang cukup.

2. Perlu Dilakukan Penataan Birokasi
Pemerintah perlu melakukan penataan ulang terhadap birokrasi. Hal ini bisa direalisasikan jika anggota PNS memiliki SDM yang cukup.

3. Memperbaiki Kinerja PNS
Mutu kinerja sebagian anggota PNS saat ini masih dibawah standar. Lebih parahnya lagi, cukup banyak anggota PNS yang keluyuran pada saat jam kerja.

4. Perlu Dibentuk Sistem Rekrutmen Baru
Kedepannya sistem rekrutmen PNS harus lebih selektif dengan lebih mengedepankan tingkat kelayakan pemohon. Dengan demikian, pemerintah dapat mejaring anggota PNS baru yang lebih berkemampuan sesuai bidangnya.

5. Menyelamatkan Uang Negara
Jika rencana pengurangan anggota PNS sebanyak 1 juta orang ini benar-benar terealisasi, maka pemerintah dapat menyelematkan uang negara sebanyak 1 triliun rupiah.

Related posts:

No response yet for "5 Alasan Mengapa PHK 1 Juta PNS Dirasa Perlu"

Post a Comment