Payah, Pesawat militer Malaysia terobos wilayah RI tanpa izin, TNI hanya beri peringatan

pesawat f16
Sebuah pesawat militer milik Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) berjenis Hercules Charlie-130 didapati terbang bebas diwilayah udara Indonesia tanpa izin. Sayang, tentara Indonesia tidak bertindak tegas dengan menggiring pesawat tersebut ke lanud terdekat untuk kemudian diproses sebagaimana mestinya.

Tidak lama setelah radar mendeteksi adanya pelanggaran oleh pesawat militer Malaysia, pesawat F-16 Indonesia kemudian mengejar pesawat Malaysia tersebut dan kemudian memberikan peringatan. Bukannya lantas pergi karena sudah diperingatkan, pesawat Malaysia itu malah tidak mengendahkan.

Pesawat tersebut akhirnya meninggalkan ruang udara RI, namun sikap TNI amat disayangkan pada kejadian ini karena tidak bisa mengambil tindakan tegas. Ketika peringatan tidak direspon, maka seharusnya TNI berani mengambil sikap tegas dengan menggiring pesawat tersebut mendarat atau menembak jatuh.

Pesawat Hercules Charlie-130 milik TUDM memasuki ruang udara Kepulauan Natuna secara ilegal pada hari Sabtu (25/6/2016).

Kejadian menerobos masuk ruang udara bukan kali pertama oleh TUDM, militer negeri jiran itu bahkan sering melakukan pelanggaran yang sama. Sayang, pemerintah Indonesia sepertinya takut dengan Malaysia. Tidak ada respon tegas oleh pihak RI.

Related posts:

No response yet for "Payah, Pesawat militer Malaysia terobos wilayah RI tanpa izin, TNI hanya beri peringatan"

Post a Comment