Tips Agar Kuat Puasa Sehari Penuh di Bulan Ramadhan

Tips agar Kuat Puasa
Marhaban Ya Ramadhan.. Menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi setiap kaum muslimin/muslimat yang tidak sedang berhalangan. Ramadhan merupakan bulan dimana segenap ummat muslimin dan muslimat diberi kesempatan untuk mensucikan diri dari dosa-dosa mereka hingga tiba hari kemenangan, yakni hari raya Idul Fitri.

Menjalankan ibadah puasa sehari penuh sejatinya bukanlah hal yang sulit. Yang membuatnya jadi sulit adalah ukuran kualitas iman kita. Rasa lapar dan haus akan terhalau oleh kuatnya iman dalam diri seseorang. Dengan niatan yang kuat, tidak akan ada kesulitan sedikitpun bagi kita dalam menunaikan ibadah puasa di bulan yang penuh berkah.

Nah, bagi sahabat pembaca yang barangkali selama ini masih kesulitan untuk menunaikan ibadah puasa sehari penuh di bulan Ramadhan, melalui artikel ini saya ingin berbagi tips supaya Anda bisa berpuasa sehari penuh tanpa ada halangan berarti, misalkan punya keinginan kuat untuk makan, ingin minum atau ingin melakukan hal-hal lainnya yang merupakan larangan dalam berpuasa.

Berikut tips untuk menguatkan diri agar bisa berpuasa sehari penuh pada bulan suci Ramadhan:

1. Ingat Allah S.W.T.
Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan perintah Allah S.W.T. yang mana hukumnya adalah wajib. Ramadhan merupakan momentum dimana kita bisa lebih mendekatkan diri lagi kepada-Nya. Dengan selalu mengingat kebesaran serta perintah-Nya, maka tidak akan ada hal sulit untuk dilakukan, termasuk berpuasa.

2. Ingat Dosa
Ketika Anda tidak berpuasa di bulan Ramadhan tanpa ada halangan apapun, maka itu artinya Anda tidak menjalankan perintah-Nya, dan Anda sudah mengumpulkan dosa. Ingatlah selalu dosa Anda, sehingga Anda bisa terdorong untuk berbuat kebaikan sebagaimana yang diperintahkan-Nya.

3. Mengakhirkan Sahur dan Menyegerakan Berbuka
Hendaklah kita mengakhirkan waktu sahur dan menyegerakan waktu berbuka. Rasulullah S.A.W.bersabda: “Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Muslim)

Zaid bin Tsabit berkata, “Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah S.A.W. Kemudian kami melaksanakan shalat. Kemudian saya bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan salat)? Rasulullah S.A.W. menjawab: Selama bacaan lima puluh ayat.” (HR. Shahih).

4. Makan Kurma dan Madu Saat Sahur dan Berbuka
Supaya Anda kuat berpuasa, Anda bisa makan 3 butir kurma dan 2 sendok makan madu setelah makan sahur (setelah makan nasi dan lauk tentunya). Begitu pula ketika berbuka puasa. Minumlah air secukupnya (minimal 3 gelas) agar Anda tidak dehidrasi.

Dari Sulaiman Ibnu Amir Al-Dlobby bahwa Nabi S.A.W. bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu berbuka, hendaknya ia berbuka dengan kurma, jika tidak mendapatkannya, hendaknya ia berbuka dengan air karena air itu suci.” (HR. Imam Lima).

5. Tetap Berolahraga
Guna dapat menjaga kondisi badan, tetaplah berolahraga meskipun intensitasnya menjadi berkurang. Jalan kaki atau lari pagi selama sekitar 30 menit bisa menjadi pilihan. Meskipun kita berkeringat, lelah, dan haus, setelah mandi pagi atau mandi sore insyaAllah badan akan segar kembali.

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Oleh karena itu, meskipun kita berpuasa, kita tetap boleh mandi pada waktu pagi dan petang selama tidak berlebihan.

Ibnu Mas’ud berkata, “Jika salah seorang di antara kamu berpuasa, maka hendaklah pada pagi harinya ia dalam keadaan berharum-haruman serta rambut yang tersisir rapi.”(HR Bukhari).

Nah, demikianlah 5 tips agar kuat berpuasa di bulan Ramadhan, semoga artikel ini berguna bagi sahabat pembaca. Semoga apa yang diuraikan diatas bisa memberikan motivasi serta menambah kuantitas dan kualitas iman kita semua, Amin.

Related posts:

No response yet for "Tips Agar Kuat Puasa Sehari Penuh di Bulan Ramadhan"

Post a Comment