Tips Menghilangkan Sifat Iri


Sifat Iri
Apakah Anda tipikal orang yang memiliki sifat suka iri? Jika iya, maka segera singkirkan “masalah hati” tersebut dari diri Anda. Sifat iri umumnya memang dimiliki setiap insan, tapi tahukah Anda bahwa sifat iri dapat menyebabkan Anda hidup dengan sangat tidak nyaman. Sehari-hari Anda akan serasa terbelenggu oleh sifat buruk yang satu ini, padahal jika Anda berpikir luas Anda akan menyadari betapa ruginya Anda dengan membiarkan penyakit tersebut meracuni kehidupan Anda.

Bagaimana cara menghilangkan sifat suka iri? Meskipun sifat iri ini seperti terlalu sulit untuk dihilangkan karena memang merupakan sifat bawaan (alami), namun sebenarnya ia dapat dihilangkan, bahkan dengan sangat mudah. Nah, artikel ini akan membantu sahabat pembaca untuk menghilangkan sifat iri Anda dengan beberapa kiat yang dapat Anda simak sebagaimana dijabarkan dibawah ini.

Cara Menghilangkan Sifat Iri Hati


1. Pikirkan tentang hakikat hidup
Hidup adalah sebuah perjalanan sementara yang mana setiap orang memiliki nasib yang berbeda satu sama lain. Dari perbedaan nasib tersebut, Anda harus memahami bahwa semua itu ada hikmahnya. Sebaik apapun nasib seseorang, pada intinya itu hanya bersifat sementara karena kita semua akan kembali kepada-Nya, dan disanalah kelak kita akan mengharungi hidup yang sesungguhnya.

2. Selalu bersyukur
Orang yang kurang bersyukur ditandai dengan besarnya sifat iri hati dalam dirinya. Padahal, betapa Tuhan itu tidak henti-hentinya memberikan nikmat kepada kita, hanya saja kita kurang menyadarinya karena ditutupi oleh sifat tamak dalam diri kita yang selalu membanding-bandingkan dengan apa yang diperoleh oleh orang lain. Seberapa besar pun yang kita dapat, kita tidak akan bisa merasakannya jika kita tidak terbiasa mensyukurinya.

3. Nikmati apa yang Anda miliki
Anda tidak akan bisa menikmati apa yang Anda miliki ketika pikiran Anda selalu dibekap rasa iri. Pikirkan tentang nasib orang yang jauh lebih buruk dari Anda, dari sini Anda akan menyadari betapa kehidupan Anda jauh lebih baik dari mereka yang kurang beruntung dibanding Anda.  

4. Berhenti menghakimi diri sendiri
Perasaan iri pada orang lain bisa berawal dari rasa rendah diri yang berlebihan. Anda hanya fokus pada karier, pasangan, kepunyaan, atau kecerdasan orang lain yang Anda inginkan, dan keinginan ini berakar dari apa yang Anda anggap tidak ada dalam diri Anda. Paksakan diri Anda untuk berhenti menilai diri Anda terlalu rendah, dan Anda tidak akan terlalu menganggap situasi Anda lebih buruk dibandingkan orang lain.

5. Fokus pada kemampuan Anda
Jika Anda sudah berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain, cobalah fokus pada apa yang Anda miliki. Salurkan energi Anda pada hal-hal positif, sehingga Anda bisa menjadi lebih baik lagi dalam hal pekerjaan dan juga sebagai manusia. Saat Anda fokus menyempurnakan kemampuan Anda dalam suatu hal, Anda tidak akan punya waktu untuk mencemaskan apa yang dilakukan orang lain dan yang ia dapat.

Latest